Internet?

Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protocol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP).

Definisi Internet

Berikut ini adalah definisi Internet, menurut para ahli :

  • Allan (2005), menyatakan bahwa Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protocol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP). Protokol juga memiliki definisi lebih lanjut menurut Allan merupakan sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer dapat berinteraksi satu sama lainnya.
  • Turban, Rainer, Potter (2005), menyatakan Internet adalah suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer, mulai dari organisasi pemerintah, organisasi bisnis, hingga sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan cepat.
  • Supriyanto (2006),  Internet memiliki arti yaitu suatu hubungan dengan berbagai jenis komputer dan dengan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda. Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi misalnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dalam melakukan komunikasi, yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control / Internet Protocol).
  • Harjono (2009), menyatakan Internet memiliki arti yaitu kumpulan dari beberapa komputer, bahkan bisa mencapai jutaan komputer di dunia kemudian saling terhubung dan terkoneksi satu dan lainnya. Supaya komputer dapat saling berinteraksi dan terkoneksi, maka diperlukan suatu media agar saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan bisa menggunakan kabel atau serat optik, bisa juga satelit, maupun sambungan telepon.
  • Sibero ( 2011), menyatakan Internet yaitu Inter-connected Network yang merupakan sebuah jaringan komputer yang saling menghubungkan antar komputer secara global. Internet dapat bekerja sama seperti jaringan komputer, dan juga jaringan komputer local maupun jaringan komputer area yang lebih luas, dan interet menggunakan sebuah protocol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protokol/Control Protokol).
  • Sarwono (2012), menyatakan Internet adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Menurut Sarwono tidak ada orang yang mamou bertanggung jawab untuk menggunakan internet itu . Awalnya, internet hanya digunakan untuk kepetingan militer, tetapi sekarang internet merupakan kebutuhan sekaligus hiburan dimasyarakat.

 

Fungsi dan Tujuan Internet

Fungsi internet ada berbagai macam dalam kehidupan sehari – hari, yaitu :

  • Memudahkan untuk mengakses Informasi
    Sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan internet. Bahkan, jika dulu kita sering sekali mengeluh tidak dapat belajar karena tidak memiliki buku dengan harga yang mahal. Sekarang, kita dapat belajar berbagai hal dengan menggunakan internet dimanapun dan kapanpun.
  • Memudahkan Komunikasi
    Jika dulu kita ingin berkomunikasi dengan teman ataupun teman yang berbeda negara ataupun beda kota, kita harus terlebih dahulu bertemu langsung untuk dapat berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, kini dengan internet kita dapat berkomunikasi setiap saat.
  • Memudahkan dalam Pekerjaan
    Perusahaan banyak menggunakan Internet sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah secara cepat dan efisien. Dengan memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain.

 

Manfaat Internet

Manfaat internet dalam kehidupan sehari – hari diantaranya, yaitu :

  • Manfaat Internet untuk Bisnis
    Sudah tidak asing lagi kata Belanja Online dalam kehidupan sehari -hari. Mulai dari pelaku bisnis yaitu penjual yang tidak harus memiliki toko ataupun ruko untuk membuka bisnisnya, melainka cukup mendaftar tokonya ke media belanja online. Dengan menggunakan proses online, pembeli dapat dengan mudah memilih barang dan toko yang d inginkan tanpa harus datang untuk membeli langsung barang yang di inginkan.
  • Manfaat Internet untuk Belajar
    Internet dengan metode belajar online memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam berinteraksi dan mempelajari pelajaran yang di inginkan secara otodidak. Untuk media pembelajaran online mulai dari matematika hingga Bahasa inggris dan pelajaran lainnya dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan menggunakan internet. Misalnya :, e – learning, tutorial, hingga kursus juga ditawarkan diberbagai media.
  • Manfaat Internet untuk Sarana Hiburan
    Dalam keuntungan mencari informasi secara cepat, sering kali internet kita gunakan untuk mencari hiburan seperti : youtube, facebook, maupun Instagram. Sarana seperti ini bisa kita gunakan dengan cara gratis maupun berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya internet.
Internet?
Tagged on: